Kurikulum

Pengantar Kurikulum

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di website SD Insan Kamil Bogor, yang merupakan tampilan sekolah berbentuk digital guna memberikan informasi kepada Masyarakat, murid, guru dan seluruh civitas SD Insan Kamil.

Dalam perkembangan era globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan sebuah website untuk dunia pendidikan khususnya sekolah, sangatlah penting. Media website dapat digunakan sebagai penyedia sarana dalam menyebarluaskan informasi dan perkembangan terkini dari sekolah yang memang harus diketahui oleh setiap stakeholder secara riil. Disamping itu website juga dapat menjadi ajang informasi sekolah yang cukup efektif dan media Portofolio guru maupun murid.

Semoga keberaan website ini bermanfaat bagi kita semua

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Dra. Nunung Siti Nurjanah, M.Pd

Lelli Rose Diana, S.Pd.I

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

SD Insan Kamil menggunakan kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Muatan Insan Kamil serta menuju ke Kurikulum Merdeka

Menurut Soedijarto, kurikulum merupakan serangkaian pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan untuk diatasi oleh siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga pendidikan yang berwenang. Adapun di Indonesia, dalam UU No.20 tahun 2003 pasal 1 ayat (19), konstitusi menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Lebih lanjut pada pasal 36 ayat (3) disebutkan bahwa kurikulum disusun sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan:

        • peningkatan iman dan takwa;

        • peningkatan akhlak mulia;

        • peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik;

        • keragaman potensi daerah dan lingkungan;

        • tuntutan pembangunan daerah dan nasional;

        • tuntutan dunia kerja;

        • perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;

        • agama;

        • dinamika perkembangan global; dan

        • persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

(sumber : Wikipedia https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kurikulum&action=edit&section=1)